Minggu, 24 Januari 2010

Nasehat-Nasehat untuk Diri Saya Pribadi

Berikut ini kumpulan beberapa nasehat yang (seharusnya) selalu saya ingat2 :

  1. Jangan menyepelekan atau meremehkan orang lain (karena belum tentu saya lebih baik dari orang yang diremehkan tersebut, karena setiap orang punya kelebihannya masing2, jd jangan sekali2 meremehkan orang lain). Jangan pernah menganggap bahwa diri ini lebih baik dari orang lain, karena hal itu bs menjadi suatu hal yang benar2 salah.
  2. Jangan berkata2 sembarangan karena "tuah"nya bisa kena kepada diri sendiri (ini seperti bila saya mengucapkan misal : "ah, saya g mau menikah sama orang itu", nah jangan sekali2 berkata atau berbicara seperti ini karena bisa2 termakan omongan sendiri). Hehehee ^^
  3. Jangan meledak2an emosi seketika (nah hal ini yang paling sulit saya kendalikan, dan paling terakhir kali terjadi pada saya sekitar seminggu yang lalu, yaitu ketika saya sedang dalam keadaan emosi karena sesuatu hal dan saya seketika melampiaskannya pada adik saya ketika pada saat bersamaan, adik saya jg berbuat sesuatu yang kurang berkenan dihati -padahal sih tidak parah banget kesalahannya malah merupakan suatu hal yang biasa sj, tapi tdk tahu mengapa, pada saat itu dimata saya, hal itu menjadi bs menyulut emosi saya -padahal sebenarnya saya emosi pada sesuatu hal lain- dan melampiaskannya ke dia -diwujudkan dengan sms yang berisi marah2, dan segera setelah itu saya merasa menyesaaall sekali kepada adek saya tersebut, sayangnya -sungguh benar2 kesalahan saya- saya tdk lsg meminta maaf seketika itu pada adik saya, dan saya baru meminta maaf kepadanya kemarin, tapi sayangnya lg dia masih ngambek krn masih sakit hati akibat sms dari saya, owh, saya sungguh2 menyesal dan berkali2 telah minta maaf, tapi ya sudahlah, saya harap besok ntah kapan (pastinya, semoga) dia juga akan memaafkan kesalahan saya. Amin ^^). Btw ada yg punya tips2 utk mengendalikan emosi kah terutama ketika wanita sedang terserang PMS, ihihihihi ^^.
  4. Jangan mudah mempercayai omongan (terutama rayuan gombal) dr orang lain. Sungguh saya sangat tdk suka oleh perkataan2 yang menjurus ke hal2 yg berbau "rayuan gombal", apalagi setelah sempat tertipu oleh rayuan manis *halah* seorang cowok namun alhamdulillah sudah berakhir empat bulan yg lalu ^^. Lain kali lebih baik menjalin hubungan serius dengan cowok yang perkataannya biasa2 saja, dan tdk berlebihan. Smoga kelak mendapatkan suami yang baik dan tulus, yang sabar, sungguh2 kepada saya, menerima kekurangan saya dan keluarga saya apa adanya, bertanggung jawab, bisa menjadi teladan untuk saya dan anak2 kami kelak, bekerja halal, bs menjadi imam keluarga yang baik dan membawa kami semua ke dalam surgaMu Ya Allah Ya Rabb kami. Amin. ^^
  5. Jangan bermalasan dan jangan membuang2 waktu dengan sia2 (kedua hal ini masih susah hilang dari saya, fiuuuuh, sungguh manajemen waktu saya masih sangat buruk dan saya masih susah sekali mengubah kebiasaan buruk ini, Ya Allah Ya Rabb, tolong bantu saya. Amin). Karena kalau kita ingin mendapatkan sesuatu itu harus dengan usaha, dan harus selalu diingat bahwa untuk mendapatkan sesuatu itu tidak mudah, butuh pengorbanan dan usaha yang keras dan sungguh2, spt misalnya kalau ingin mendapatkan nilai yang bagus ya harus dengan usaha yang baik dan benar spt belajar, membaca dan mencari materi bukan dengan menyontek dan bermalas2an, jangan pernah mau seenaknya sendiri karena Allah juga akan memberi pembalasan yang sesuai dengan usaha yang telah kamu lakukan.
  6. Jangan melakukan sesuatu yang bertentangan dengan hati nurani(fiuuuh, saya hanya bisa berdoa semoga Allah swt selalu mengampuni dosa2 saya ketika saya berbuat salah. Amin). Dan jangan mengulangi kesalahan yang sama serta belajarlah dari kesalahan yang pernah dibuat. Amin
  7. Jangan memandang orang dari tampak luarnya saja atau hanya dari sekilas saja atau bahkan dari perkataan orang lain, lebih baik mengenalnya terlebih dahulu sebelum berteman atau menjatuhkan suatu anggapan (men-judge) kepada orang lain karena ada istilah, tak kenal, maka tak sayang, ceilaah, hehehehe ^^.

Nah itulah beberapa nasehat2 yang (seharusnya) saya ingat2 ketika mau bertindak atau berbuat sesuatu. Smoga bs menjadi pedoman saya menjalani hidup ini. Amin.

0 komentar:

Posting Komentar