Kamis, 04 Maret 2010

Diklat Fungsional Pengamat Meteorologi dan Geofisika Tk. Ahli

Alhamdulillahirobbil'alamin, saya kemarin mendapat pemanggilan untuk mengikuti diklat fungsional PMG Tingkat Ahli Angkatan I dari Pusdiklat yang insyaAllah akan dilaksanakan di Ciawi, Bogor, 8-19 Maret 2010 mendatang. Saya merasa bersyukur karena sebenarnya saya sudah menunggu pengumuman ini sejak tahun lalu :D, alhamdulillah Allah Swt mengabulkannya pada tahun ini :D.
Namun, beberapa teman saya ada yg menanyakan kenapa saya memilih untuk mengikuti diklat fungsional PMG bukannya memilih untuk ikut diklat fungsional Peneliti saja, karena saya sendiri bekerja di UPT Puslitbang dimana pekerjaannya berkaitan dengan penelitian-penelitian dan pengembangan yang hasilnya berguna untuk kemajuan instansi kami. Terus terang saya juga ingin kelak menjadi fungsional Peneliti tapi untuk sekarang ini saya memilih untuk -berusaha- menjadi fungsional PMG saja dulu, karena kalau fungsional Peneliti angka kreditnya terutama berasal dari produk penelitian dan tulisan karya ilmiah yang dia hasilkan (selain dari ijasah, sertifikat, menjadi narasumber, dll), sedangkan untuk fungsional Pengamat (PMG), kerjaan rutin saja sudah menghasilkan angka kredit walaupun sedikit :D. Saya merasa belum mampu menjadi seorang Peneliti karena dituntut untuk produktif, dan sekarang ini saya merasa belum bisa produktif, mungkin kelak kalau insyaAllah saya bisa meneruskan kuliah dan lulus pasca sarjana (S2) saya akan mengajukan untuk ikut diklat fungsional Peneliti (dan memang syarat untuk berpindah dari fungsional PMG menjadi fungsional Peneliti harus lulus S2 dulu :D).
Sebenarnya di instansi kami ini, ada bermacam-macam jabatan fungsional. Beberapa contohnya sebagai berikut:
  • Di Puslitbang: ada fungsional Peneliti dimana penilaian dan pengangkatan jabatan fungsional Peneliti ini bekerja sama dengan instansi LIPI.
  • Di Inspektorat: ada fungsional Auditor.
  • Di bagian Administrasi: ada fungsional Pranata Komputer, Analis Pegawai, dll.
  • Di Klinik: ada Dokter dan Analis Gizi.
  • Di Deputi Instrumentasi, Rekayasa, dan Kalibrasi: ada fungsional Perekayasa dimana penilaian dan pengangkatan jabatan fungsional Perekayasa ini bekerja sama dengan instansi BPPT.
  • Di Deputi Meteorologi, Deputi Klimatologi, dan Deputi Geofisika dan instansi kami secara keseluruhan di seluruh Indonesia: ada fungsional Pengamat (PMG) yang insyaAllah diklatnya baru akan saya ikuti.
Btw, setiap pegawai di instansi kami berhak untuk memilih apakah dirinya ingin mengajukan untuk menjadi fungsional atau struktural, itu semua sesuai dengan keinginan masing2 dan sesuai dengan kemampuan dan keahliannya tentunya :D. Doakan ya teman-teman, semoga saya bisa lulus diklat fungsional PMG Tk. Ahli ini.Amin. Ciayoo Kharisma :D

0 komentar:

Posting Komentar